BB Cream-CC Cream-Foundation, Bedanya Apa? 

Pernahkah pertanyaan ini terlintas di benakmu atau mungkin suka di lanjutkan dengan kalimat “…. Trus gue kudu pake yang mana? Bagusan yang mana sih?”

*Warning! Tulisan ini akan lumayan panjang, bacanya santai ajah ya mbak sis mas bro 😉 

Yuks mareee kita omongin~ 

1. BB Cream
Sejak K-Pop menyerang (?) produk ini makin terkenal, orang banyak ngira kalau BB Cream ini buatan Korea. HAH? MASA SIH…? O_o *malah gue yang tanya balik* 

Menurut wikipedia BB Cream adalahAll-in-one facial cosmetic product to replace serum, moisturizer, primer, foundation and sunblock atau kira-kira artian nya….. Ah males translate, kalo ga ngerti copas ke gugel translet ajah ya… *di lempar nasi padang pake rendang sama bakwan udang 

Asalnya sendiri sebenernya dari Jerman, di ciptain sama Christine Schrammek, ahli kulit dari Jerman tahun 1960an yang lalu di kembangkan sama perusahaan kosmetik korea (yes, you read this… Ternyata emang mulai booming gegara di kembangin sama Korea…. Ohhh panteeessss…..)

Artian BB sendiri ini bisa macam-macam, tergantung perusahaan yang bikin. Ada yang bilang blemish balm, blemish base atau pun beauty balm (sukak-sukak deh yang namain) 

Dan ada perbedaan besar antara BB Cream buatan Asia dengan Eropa/US. Untuk BBC buatan asia, mostly shade nya terbatas, paling hanya 1-2 shade. Itupun shade nya kadang “maksa” XD. Kalau BBC buatan US/Eropa biasanya sih, shade nya lebih beragam… Ambil contoh misalnya BBC Rimmel yang seingat saya punya 5 shade atau BBC Revlon yang waktu dulu saya icip pun punya lebih dari 3 shade. Shade BBC US/Eropa yang lumayan banyak ini bisa di jadikan pilihan sama orang yang tone kulitnya gak masuk kalau pakai BBC Asia.

BBC asia? HAH! Punya 2 shade ajah udah bagus itupun biasanya shade nya cuma bisa di pake sama orang yang kulitnya “terang” (tapi ga transparan).

Ikan transparan… HOI, CAROL!! 

Biasanya lagi, ketahanan dan coverage BBC tentu ga akan sebagus fondi, mostly BBC yang saya pakai punya daya tutup sheer sampai medium dan hanya akan bertahan max 2-3 jam di udara Jakarta. Ada yang klaim ada BBC yang ketahanan nya kayak fondi bisa longlast? HAHAHAHAHAHAHA *ketawa miris* ya bagus deh klo di kulit nya bisa tahan, di kulit saya sih gak bisa… T—T *sedih*

Indonesia BB Cream
Sebagai negara yang banyak mengkonsumsi BB Cream (plis jangan bayangin kamu nyemilin BB cream di atas roti) banyak brand lokal yang gak mau kalah dan ikutan bikin BB Cream, sebutlah merk Wardah, emina, F2F, Fanbo, Pixy dll udah berlomba-lomba bikin BB Cream. Dan mostly merk-merk ini kiblat nya ke Asia di mana shade nya sangat terbatas *yha…. *

Saya pribadi prefer pakai BBC kalau untuk make up daily, My Holy Grail BB Cream : Kose Sekissei BB Cream *sembah kose* walau saya juga sering nyomot BBC Canmake dan Fanbo dan L’Oreal kalau lagi pingin (random ajah sih pakenya….)

Jadi pilih mana? BBC Asia? BBC US/Eropa? Atau pakai BBC lokal saja? Itu semua terserah sama kamu xD~ 

2. CC Cream
CC Cream konon adalah bentuk advance dari BB Cream. Singkatan nya sendiri bisa macam-macam, ada yang bilang CC itu Color Correcting, ada pula yang bilang Color Control, ya masih suka-suka yang bikin lah… 

Hampir sama seperti BBC, CCC buatan asia biasanya shadenya akan terbatas sedangkan untuk US/Eropa biasanya shade nya akan lebih beragam (Max Factor CC Cream even punya 6 shade!) 

Nah loh, udah mulai bingung kan mau pake BBC atau CCC. Tenang, baca terus deh, nanti kamu bisa makin bingung hehehe 

3. Foundation
NAH INI…. Kita bakal masuk ke sub bahasan fondi~ xD

Jauh sebelum ada abjad cream, fondi ini lah yang orang tau. Jaman dulu, pokoknya kalau mekap ya pakenya fondi! 

Sebagian fondi, beberapa ada yang saya taroh di Jogja. 

Beda ama abjad cream yang bentukan nya udah pasti (liquid) cream, foundation ini bentukan nya bisa macem-macem loh… Liquid bisaaaa… Cream padat bisaaaa…. Powder (compact) bisaaaa…. Loose juga bisa…. Soal finish nya beragam, ada yang matte, satin, atau dewy… Sama kayak coverage nya yang macem-macem juga…. Ada yang sheer, medium ataupun FULL Coverage…. Nah loh…

DI PILIH, DI PILIHHH~!

Fondi ga berspf? Ah itu masa lalu… Sekarang udah lumayan banyak kok fondi yang berspf, misalnya Astalift atau Za True White yang ada SPF 25 PA++ 

Trus yang bagus yang mana dong? Yha klo soal yang bagus yang mana saya sih gak bisa jawab juga… Bentuk fondi yang umum udah pasti liquid dan cream padat. Tapi apakah kita harus pakai fondi yang bentuk nya ini? Jelas enggak dong~ kamu bisa ajah memilih fondi bentuk lain sesuai selera (dan budget) 😀

*Bonus : Cushion 

Gue pernah baca ada orang nulis kira-kira intinya begini “udah ga jaman pakai fondi atau bb crram, sekarang mah harus pakai cushion dong biar kekinian.” 

Dan saya cuma… “lu pake bantal buat gantiin fondi? Eerrr….” 😅😅😅

Jadi ya, Cushion itu sendiri sebenernya “media“. Kalau selama ini kita tau nya fondi itu di botol atau tube, nah ini ada si bantal yang bisa di pakai untuk “nyimpen” fondi atau bbc atau ccc atau primer pun bisa juga di jadiin cushion. 

Cara pakainya sendiri sedikit beda ama base mekap yang kemasan botol, biasanya berpasangan sama puff khusus untuk cushion. Cara pajainya tinggal tepuk si puff ini ke si bantalan sampai fondi/bbc/ccc nya nyerep ke puff lalu tinggal di tepuk-tepuk ke seluruh muka. Yaaa gampangnya tinggal ngeyutup lah kalau penjelasan saya ga di mengerti hehe

Ada juga orang yang nyebut cushion ini bedak basah. Walau sebenernya menurut gue artian nya jadi ngaco tapi ya… Suka-suka lah… 😁😁😁 

Cushion cuma merk Korea? Ahh…. Ketinggalan berita! Sekarang merk US pun udah banyak yang rilis Cushion, misal Maybelline, L’Oreal, YSL, The Body Shop, Lancome dan MUFE. Awalnya merk barat ini seperti menghina merk Korea yang bikin Cushion, tapi pada akhirnya, di ikutin juga kan? 😂😂😂😂 Mwahahahahaha 

🌸🌸🌸🌸

Secara garis besar, sekarang udah tau dong beda nya apa? Udah ada gambaran kan? Tinggal di pilih deh butuh nya pakai yang mana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s